FAQ - PERTANYAAN YANG SERING DITANYAKAN
1. Pengantar dari penyusun Kalender Bali Digital (KBD)
  Kami penyusun KBD menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan yang tinggi terhadap sambutan yang baik atas peluncuran KBD ini di dunia maya. Komentar-komentar yang telah masuk dari visitor telah memberikan energi motivasi, inspirasi, dan kreasi kepada kami untuk melanjutkan penyempurnaan KBD ke depan. Merupakan kebanggaan dan kebahagiaan di hati kami apabila KBD ini dapat memberikan setitik informasi yang bermanfaat bagi para visitor yang berkaitan dengan 'wariga dewasa'. Mudah-mudah warisan budaya leluhur kita ini dapat kita lestarikan sehingga dapat memberikan tuntunan kepada kita dalam menjalani hidup ini.
 
2. Apakah KBD bisa di-download?
  Sampai saat ini KBD masih dalam bentuk on-line hanya dapat dijalankan melalui koneksi internet dan belum bisa di-download untuk dijalankan di komputer lokal (desktop/laptop). Akan tetapi hasilnya seperti daftar rerainan, piodalan, purnama-tilem dll. dapat di-copy dan di-paste pada program teks editor atau word processing untuk dicetak atau disimpan.
 
3. Mengapa KBD tidak disediakan versi off-line?
  Digitalisasi Kalender Bali merupakan pekerjaan yang berat dan rumit serta membutuhkan waktu yang lama untuk dapat memberikan hasil yang akurat sehingga dapat digunakan sebagai pedoman dalam melakukan aktivitas religius. Penyusun KBD ini bukanlah orang yang ahli 'wariga dewasa' dan webmaster, melainkan hanyalah seorang yang ingin membagi sedikit informasi kepada yang memerlukan terutama yang jauh dari Bali dan tidak memiliki Kalender Bali hardcopy. Oleh karena itu, masukan dan saran perbaikan dari berbagai pihak yang tahu tentang 'wariga dewasa' sangat diperlukan untuk penyempurnaan KBD ini ke depan. Bila KBD ini telah menemukan bentuknya dan informasinya dapat dipercaya keakuratannya, tidak menutup kemungkinan untuk dibuatkan versi off-line-nya.
 
4. Sebaiknya KBD ditambahkan forum untuk tanya jawab!
  Di samping informasi 'wariga dewasa', misi pembuatan KBD ini juga sebagai sarana atau forum tanya jawab kepada semua orang yang saling memerlukan. Tanya jawab tidak sebatas antar user dan admin, tetapi terhadap semua pihak yang ingin tahu dan ingin memberi (take and give). Kami menyadari bahwa banyak user yang lebih memahami 'wariga dewasa' dari penyusun KBD ini. Untuk sementara gunakanlah fasilitas form komentar sebagai wadah forum. Ke depan akan dibuatkan fasilitas yang lebih baik lagi. Saran bagi yang ikut berpartisipasi dalam forum hendaknya mencantumkan nama dan alamat dengan benar, serta komentar yang bersifat konstruktif, bertanggung jawab, dan tidak menimbulkan ke salah pahaman kepada semua pihak.
 
5. Mengapa KBD tidak dilengkapi dengan tafsir mimpi, pangider-ider buana dll.?
  Untuk sementara, KBD memfokuskan diri pada penyempurnaan 'wariga dewasa' yang berhubungan dengan rerainan, ala-ayuning dewasa, piodalan, dewasa ayu dan yang sejenisnyas sehingga dapat memberikan informasi yang akurat kepada user. Ramalan yang terdapat pada KBD ini hanya merupakan asesoris dan bukan yang utama.
 
6. Bagaimana mencari otonan/weton dari tanggal lahir?
  Bila tanggal yang dicari belum aktif atau belum terlihat di layar, gunakan navigasi pencarian tanggal, bulan dan tahun yang terdapat pada bagian tengah atas, kemudian klik OK. Kemudian arahkan pointer mouse pada tanggal yang akan dicari, maka tooltip rerainan atau otonan/weton akan muncul. Misalnya Redite Umanis Ukir, Hari Raya Galungan (Buda Keliwon Dunggulan). Umanis = Legi, Kasih = Keliwon, Cemeng = Wage. Contoh: Buda Cemeng Kulawu = Buda Wage Kulawu.
 
7. Bagaimana mencari tanggal lahir dari otonan/weton?
  Pilih menu Konversi, kemudian pilih submenu 'Wewaran ke Tanggal'. Pada kotak dialog yang muncul, isikan tanda rumput di depan combo box yang ada tulisan Eka Wara | -. Kemudian berturut- turut dipilih sapta waranya apa? panca waranya apa ? dan wukunya apa?. Misalnya anda lahir pada Buda Paing Kuningan tahun 1980. Isikan tanda rumput pada combo box pertama dan pilih Sapta Wara | Buda, isikan tanda rumput pada combo box kedua dan pilih Panca Wara | Paing, isikan tanda rumput pada combo box ketiga dan pilih Wuku | Kuningan, dan terakhir isikan tahun 1980 sampai 1980 kemudian klik Hasil. Hasilnya adalah 15 Juni 1980. Urutan Sapta Wara, Panca Wara, dan Wuku boleh dibolak balik. Untuk kelahiran bulan Juni, Juli, dan Agustus hasilnya bisa muncul satu tanggal. Akan tetapi untuk bulan yang lain pasti akan muncul 2 tanggal. Untuk memilih salah satu, bisa digunakan tambahan wewaran yang lain bila diketahui, atau cari tanggal lahir temannya yang berdekatan. Fasilitas konversi wewaran ke tanggal juga dapat digunakan untuk mengetahui kapan anda otonan sepanjang tahun, kapan piodalan di suatu pura bertepatan dengan bulan purnama, dll.
 
8. Apakah KDB boleh di-link-kan dari web atau blog saya?
  Penyusun KBD memberikan penghargaan kepada Anda yang mau menyebarluaskan KBD ini untuk kepentingan umat. Karena misi pembuatan KDB ini sejak awal ditujukan untuk memberikan pelayanan informasi 'wariga dewasa' kepada masyarakat yang memerlukan. Semakin banyak yang dapat memanfaatkan KDB ini, maka target pencapaian misi KBD akan semakin besar. Saat ini KBD juga menyediakan script yang dapat dipasang pada web atau blog Anda untuk menampilkan rerainan, wewaran dll. Silahkan digunakan bila diperlukan.
 
9. Apa yang baru dari KBD versi terakhir?
  Tampilan KBD versi terakhir agak berbeda dengan versi sebelumnya. Menu konvensional sudah dirubah ke munu full-down sehingga space yang ada dapat digunakan untuk menampilkan rerainan, piodalan, dan hari penting lainnya. Perubahan ini berdasarkan masukan dari komentar user. Pada menu konversi ada tambahan fasilitas pencarian rerainan, pioadalan, dan ala-ayuning dewasa. Ada tambahan 1 menu referensi yang berisikan informasi penyusun ala-ayuning dewasa untuk dikomentari bila ada kesalahan. Fasilitas script dapat dipasang pada web atau blog anda. KDB klasik versi terdahulu masih dapat digunakan untuk mempercepat akses, mengingat KDB versi terakhir cendrung lebih lambat karena banyaknya modul yang harus dijalankan seiring dengan bertambahnya informasi yang ditampilkan. Buku-buku yang dijadikan referensi juga ditampilkan, dan terakhir juga dilengkapi fasilitas FAQ (Frequently Asked Question Pertanyaan yang sering ditanyakan) untuk memberikan tanggapan terhadap komentar yang sangat berharga dari user. Secara internal beberapa script telah disempurnakan untuk meningkatkan akurasi informasi yang disajikan. Usulan lain dari user seperti event akan diakomodasi pada versi berikutnya.
 
10. Bagaimana aturan atau 'uger-uger' yang digunakan dalam pembuatan KBD ini?
  Untuk perhitungan wewaran, wuku, purnama-tilem, dll., aturannya sudah baku. Akan tetapi masalah pangalantaka/pangunaratrian dan sasih masih memerlukan keputusan atau sabha paruman sulinggih, sehingga algoritma yang digunakan pada KBD ini harus menysuaikan dengan keputusan tersebut. Untuk pangalantaka, KBD menggunakan 2 sistem pada dua kisaran waktu yang berbeda, Sebelum tahun 1999 atau Saka 1921 digunakan sistem pangalantaka eka sungsang ke pon. Sementara itu mulai tahun 1999 dan seterusnya sesuai dengan Keputusan Paruman Sulinggih tanggal 25 Juli 1998 di Pura Besakih digunakan pangalantaka eka sungsang ke paing. Untuk sasih, KBD menggunakan 2 sistem pada 3 kisaran waktu yang berbeda. Sebelum tahun 1992 digunakan Sistem Nampih Sasih Saka Bali dengan rumus tahun saka dibagi 19 untuk mencari malamasa, dan malamasa hanya terdapat pada sasih Jiyestha dan Sadha. Apabila hasil pembagian tahun saka bersisa 0, 6, dan 11 akan terjadi mala Jiyestha, sedangkan bila bersisa 3, 8, 14, dan 16 akan terjadi mala Sadha. Setelah itu, sesuai dengan Mahasaba VI Parisada Hindu Dharma Indonesia tanggal 4-9 September 1991 ditetapkan berlakunya sistem nampih sasih berkesinambungan dengan rumus tahun Saka dibagi 19. Sisa 2 dan 10, nampih Jiyestha, sedangkan sisa 4, 7, 13, 15 dan 18 masing-masing nampih Ketiga, Kasa, Kadasa, Karo, dan Sadha. Kemudian yang terakhir, dalam keputusan Sabha Pandita PHDI Propinsi Bali tanggal 18 Sepetmber 2001 ditetapkannya kembali sistem nampih sasih Saka Bali dan mulai diberlakukan pada tahun 2003. Bila ada kesalahan mohon dikoreksi.